Pemodelan 3D (atau pemodelan 3D ) adalah proses membuat representasi objek dalam tiga dimensi (panjang, lebar, dan tinggi) menggunakan perangkat lunak komputer. Objek yang dibuat bisa berupa apa saja—karakter manusia, kendaraan, bangunan, hingga benda-benda fiksi atau fantasi.
Tujuan Modeling 3D:
- Visualisasi Ide atau Konsep
- Pembuatan Aset Digital
- Simulasi dan Pelatihan
- Prototyping & Produksi Industri
- Animasi dan Efek Visual
- Pembuatan Konten Realitas Virtual
- Desain Arsitektur dan Interior
- Pendidikan dan Presentasi
- Pencetakan 3D (3D Printing)
- Promosi dan Marketing
Model 3D digunakan di berbagai bidang, seperti:
- Animasi & Film
- Permainan Video
- Arsitektur
- Desain Produk
Proses Dasar Modeling 3D:
Software untuk Pemodelan 3D:
- Pencampur
- Autodesk Maya
- Autodesk 3ds Max
- ZBrush
- Bioskop 4D
- SketchUp
Praktik Modeling Dasar (Latihan)
Membuat objek sederhana:
- Meja
- Kursi
- Cangkir
- Mobil kotak sederhana
Referensi Belajar Lanjutan
- YouTube channel: Blender Guru, CG Geek, Grant Abbitt
- Website: Sketchfab, CGTrader, Turbosquid (untuk lihat contoh model)
- Komunitas: Blender Artists, Reddit r/blender, Discord komunitas 3D lokal
.png)
0 Komentar